Iklan Adsense

Friday, February 23, 2024

Makam Tionghoa dan Tradisi Leluhur

Satu hal yang menarik dari tradisi Cina atau Tionghoa dalam hal pemakaman adalah orang Cina kalau merantau apabila ada diantara mereka yang meninggal maka pemakamannya akan dilakukan di suatu tempat khusus pemakaman orang Cina atau Tionghoa, tidak menyebar kemana-mana. 
Tradisi ini sudah berlangsung lama, mungkin sudah ajaran dari leluhur mereka. Selain itu rata-rata makam Tionghoa itu besar-besar dengan ornamen menarik, ada daftar keluarga dalam aksara Hanzi-nya. 

Orang Tionghoa rela mengeluarkan uang besar-besaran untuk pembuatan makam anggota keluarganya dengan membeli lahan di perbukitan atau pegunungan ataupun lahan yang berupa dataran, tak masalah bila lokasinya jauh dari tempat tinggal mereka. 

Tempat pemakaman orang Tionghoa kadang sengaja dibuat seperti taman, sehingga terkesan jadi tempat wisata, bukan tempat menyeramkan. 

Memang tidak ada larangan dari agama orang Tionghoa untuk membuat bangunan makam seindah mungkin. Bahkan konon menurut cerita turun temurun, orang Cina kalau meninggal biasanya harta kesayangannya pun ikut ikut dimakamkan. Entahlah cerita itu masih berlaku untuk zaman sekarang entah tidak. Karena sering juga ada cerita kuburan Cina dibongkar maling, mungkin ada emas yang ikut dikubur. 

Berikut video jalan-jalan penulis ke Makam Cina "Heaven Memorial Park" di Cariu Tanjung Sari, kabupaten Bogor tepatnya Bogor Timur. 

No comments:

Post a Comment