Iklan Adsense

Thursday, August 1, 2019

Memahami Tugas Project Coordinator

Ada banyak jabatan berkenaan dengan sebuah kerja proyek di lapangan. Dari jabatan tertinggi sampai jabatan terendah yaitu Direktur Proyek. Dibawah Direktur Proyek ada Manajer Proyek, Koordinator Proyek, Project Engineer, Project Control, Site Engineer terus ke bawah yaitu Helper.
Minimal ada 7 tugas utama dari seorang Project Coordinator yaitu:
1. Mengkomunikasi proyek dan progressnya kepada Client atau End User termasuk mengirimkan Daily Report, Weekly Report dan seterusnya
2. Mengendalikan biaya proyek. Jangan sampai proyek mengalami kerugian atau tekor lantara salah manajemen keuangan.
3. Mengkoordinasikan semua man power yang terlibat dalam proyek beserta pencapaiannya.
4. Merencanakan Schedule proyek dan menetapkan target-target proyek yang hendak dicapai
5. Mengelola sumber daya non-SDM seperti material, peralatan, permesinan, kelistrikan dan sebagainya
6. Manajemen dokumentasi proyek
7. Merencanakan anggaran belanja proyek dan mengajukan pelaporan untuk penagihan.

Apa skill yang harus dimiliki seorang Project Coordinator?

Seorang PC harus bisa merancang dan merencana Schedule dan mengontrol progressnya agar sesuai dengan target finish proyek. Untuk itu seorang PC harus menguasai software seperti Microsoft Project atau software Manajemen Proyek. Selain itu harus bisa membuat Kurva-S untuk memantau progres proyek. Kemudian kemampuan manajemen sumberdaya dan inventory. Kemampuan komunikasi dan koordinasi juga sangat diperlukan.

Keberhasilan seorang Koordinator Proyek diukur dari keberhasilan proyek, apakah proyek selesai sesuai jadwal atau molor dan biaya proyek yang dikeluarkan. 

**Bekasi, mantan Project Coordinator di Sangatta, Kalimantan Timur pada Proyek Konstruksi Diesel Storage for KPC.


No comments:

Post a Comment