Iklan Adsense

Tuesday, December 12, 2017

Cukup sudah di Fesbuk...

Sudah cukup lama saya berfesbuk ria. Sudah banyak grup fesbuk yang diikuti dan yang dibuat. Bahkan ada grup yang anggotanya sudah mencapai puluhan ribu orang. Ada grup yang aktif dan ada grup yang sepi. Begitu pula halaman fesbuk (Fanfage) yang saya buat, sudah cukup banyak. Ada banyak pengalaman berinteraksi, berdiskusi dan berkomunikasi dengan banyak orang walaupun sebagian besar di dunia maya saja. Namun dari grup-grup tersebut kita pernah melakukan kopi darat atau perjumpaan di dunia nyata dengan beberapa orang. Dari grup fesbuk sekarang tren sedang beralih ke Whatsapp Group, sedang ramai sekarang ini

Status di Fesbuk sudah terhitung lagi banyaknya semenjak tahun 2009 hingga sekarang. Belum sempat untuk meninjau ulang semua status tersebut. Begitu pula sebagian besar grup-grup fesbuk sudah jarang dilihat dan ditengok.
Diantara Grup Fesbuk yang pernah dibuat:
1. Grup Jalan Tembus Bayang - Alahan Panjang (sudah tidak ditinjau lagi).
2. Grup Jalan Tembus Kambang - Muaro Labuh (sudah tidak ditinjau lagi)
3. Grup Nagari Kapelgam (sesekali masih aktif)
4. Grup Malayu Suwarnabhumi (sudah tidak sempat meninjau lagi)
5. Grup Diskusi Intelektual Sunni-Syi'ah (sempat keluar dan sekarang sudah sepi)
6. Grup Belajar Dialek dan Bahasa Minang (masih aktif tapi tidak seramai dulu lagi, anggotanya sudah puluhan ribu orang)
7. Grup Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu (pernah keluar dan sudah tidak tahu lagi perkembangannya).

Dan masih banyak grup yang terlupakan. Tapi ada salah satu Grup yang saya ikut menjadi admin utamanya adalah Grup KKDM (Kerajaan-kerajaan di Minangkabau) yang dulunya dibuat oleh Bapak Yulizal Yunus, dosen IAIN dan staf ahli Pemda Pessel juga pemilik Blog Wawasan Islam Nusantara di Wordpress. Grup ini pun sudah sepi dari diskusi karena sudah tidak ada sumber informasi yang lebih segar, hanya "memutar kaset lama" kata orang.

Demikian pula beberapa halaman fesbuk yang pernah saya buat:
1. Halaman Bahaso Minang (masih banyak peminatnya)
2. Halaman Lubuk Gambir
3. Halaman Tour de Indonesia
4. Halaman Rajo Panghulu Bandaro Sati (khusus masalah adat)
5. Halaman Syafroni Malin Marajo
6. Halaman Sjafronie Djamaloes Djosannoech
7. Halaman2 lainnya masih banyak

Sekarang saatnya untuk lebih serius di Blog Spot saja. Tiap-tiap grup dan halaman yang saya buat diatas ada latar belakang pendorongnya dan memiliki kisahnya masing-masing.

No comments:

Post a Comment